Tempat Referensi Tugas Ilmiah, dilengkapi software pendukung kinerja anda. Nikmati juga Karya sastra
penyejuk jiwa dan kumpulan game yg akan menghibur
anda. All in One
Tuesday, July 23, 2013

Makalah Lichen (Lumut Kerak)

Pernahkah kawan melihat sesuatu berkerak menyelimuti beberapa batang pohon, pohon kelapa misalnya?

Tahukan kawan bahwa kerak itu sebenarnya adalah tumbuhan juga?

Lalu Apa itu lichen?



Lichen merupakan simbiosis antara Fungi dan alga.
disebut juga lumut kerak karna memang terlihat seperti lumut dan kering seperti kerak.

Golongan Fungi yang biasanya membentuk lichen adalah Ascomycetes atau Basidiomycetes. Sedangkan golongan alga yang biasanya membentuk lichen adalah Cyanophyceae atau Chlorophyceae. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah, ada alga yg berwarna hijau yg dikelilingi fungi yg berwarna putih. Alga dan fungi yg bersimbiosis seperti ini disebut lichen. Jadi lichen itu sebenarnya terdiri dari dua jenis makhluk hidup yaitu fungi dan lichen.




Struktur lichen sendiri terdiri dari:

ž --Korteks atas, berupa jalinan yang padat disebut pseudoparenchyma dari hifa jamurnya. Sel ini saling mengisi dengan material yang berupa gelatin. Bagian ini tebal dan berguna untuk perlindungan.

ž ---Daerah algae, merupakan lapisan biru atau biru hijau yang terletak di bawah korteks atas. Bagian ini terdiri dari jalinan hifa yang longgar. Diantara hifa-hifa itu terdapat sel-sel hijau, yaitu Gleocapsa, Nostoc, Rivularia dan Chrorella. Lapisan thallus untuk tempat fotosintesa disebut lapisan gonidial sebagai organ reproduksi.


ž ---Medulla, terdiri dari lapisan hifa yang berjalinan membentuk suatu bagian tengah yang luas dan longgar. Hifa jamur pada bagian ini tersebar ke segala arah dan biasanya mempunyai dinding yang tebal.

ž ---Korteks bawah, lapisan ini terdiri dari struktur hifa yang sangat padat dan membentang secara vertikal terhadap permukaan thallus atau sejajar dengan kulit bagian luar. Korteks bawah ini sering berupa sebuah akar (rhizines). Ada beberapa jenis lichens tidak mempunyai korteks bawah. Dan bagian ini digantikan oleh lembaran tipis yang terdiri dari hypothallus yang fungsinya sebagai proteksi.


Habitat
ž Pada umumnya, lichen hidup sebagai epifit pada pohon-pohonan tapi dapat juga hidup di atas tanah bahkan dapat hidup di daerah yang ekstrim, sehingga lichen sering disebut dengan organisme perintis

Reproduksi Lichenes
ž Pada umumnya lichen berkembang biak secara vegetatif, aseksual,dan seksual.

1. Vegetatif

ž#  Fragmentasi
Yaitu dengan cara pembelahan diri seperti protozoa, bagian tubuh yg membelah dari induknya disebut fragmen. Fragmen inilah yg nantinya akan dibawa angin lalu tumbuh menjadi lichen baru.
 kira2 kalau jatuhnya dikepala kita bisa tumbuh jadi lichen Gag ya??? Hehe

Sebagian besar fragmentasi tersebut dilakukan saat musim kering atau saat talus pada Lichen mengalami kekeringan dan memulai pertumbuhannya ketika mulai terdapat embun

ž# Soredia
Soredia adalah kelompok kecil sel-sel ganggang yang sedang membelah dan diselubungi benang-benang miselium menjadi suatu badan yang dapat terlepas dari induknya.
Dengan robeknya dinding thallus, soredium tersebar seperti abu yang tertiup angin dan akan tumbuh lichens baru. Lichens yang baru memiliki karakteristik yang sama dengan induknya. Skemanya kira-kira seperti gambar dibawah ini sob:






Secara mikroskopis kira-kira seperti ini kawan, liat deh ada sel-sel alga berwarna hijau sedang membelah lalu diselubingi oleh kumpulan hifa atau miselium dari fungi.

# Isidia

Isidia berbentuk silinder, bercabang seperti jari tangan dan terdapat pada dan tingginya antara 0,5 – 3 m ìkulit luar. Diamaternya 0,01 – 0,03 m. Berdasarkan kemampuannya bergabung dengan thallus, maka dalam media perkembangbiakan, isidia akan menambah luas permukaan luarnya. Sebanyak 25 – 30 % dari spesies foliose dan fructicose mempunyai isidia. Proses pembentukan isidia belum diketahui, tetapi dianggap sebagai faktor genetika.

Kadang - kadang isidia lepas dari thallus induknya yang masing-masing mempunyai simbion. Isidium akan tumbuh menjadi individu baru jika kondisinya sesuai.
so, kalau salah tempat pendaratan gak akan tumbuh!



Perbedaan soredia dan isidia bisa diketahui dari gambar dibawah ini, jelas Kan?
kalau gak jelas koment yaw :p



2. Secara Aseksual
Metode reproduksi aseksual terjadi dengan pembentukan spora. Spora yang aseksual disebut pycnidiospores. Pycnidiospores itu ukurannya kecil, tidak motil, diproduksi dalam jumlah yang besar disebut pygnidia. Pygnidia ditemukan pada permukaan atas dari thallus yang mempunyai suatu celah kecil yang terbuka yang disebut Ostiole. Dinding dari pycnidia terdiri dari hifa yang subur dimana jamur pygnidiospore berada pada ujungnya. Tiap pycnidiospore menghasilkan satu hifa jamur. Jika bertemu dengan alga yang sesuai terjadi perkembangan menjadi lichens yang baru.

3. Secara Seksual
Perkembangan seksual pada lichens hanya terbatas pada pembiakan jamurnya saja. Jadi yang mengalami perkembangan secara seksual adalah kelompok jamur yang membangun tubuh Lichens.

Perkembangbiakan secara seksual umunya terjadi pada Basidiolichen (lichen yg dibangun oleh fungi jenis basidium). Perkembangbiakan ini melalui spora yang dihasilkan oleh hifa-hifa Fungi yang kemudian bertemu dengan partner alga yang cocok maka akan terjadi sexual fusion dan pembelahan meiosis.

Kalau fungi penyusun lichennya dari Deuteromycota gimana menurut sobat? 

Peranan Lichen terhadap kehidupan

ž #Sebagai bahan pembuatan lakmus : Roccella tinctoria

#Sebagai bahan obat/jamu : Usnea filipendula

#Sebagai indikasi pencemaran lingkungan
Walaupun lichens hidup tumbuh dialam pada kondisi yang tidak menguntungkan, lichens sangat sensitif terhadap pencemaran udara dan cepat menghilang pada daerah yang mempunyai kadar polusi udara yang berat. Salah satu yang menyebabkan ini terjadi lichens dapat menyerap dan mengendapkan mineral dari air hujan dan udara dan tidak dapat mengeluarkannya sehingga konsentrasi senyawa yang mematikan seperti SO2 sangat mudah masuk.



Judul: Makalah Lichen (Lumut Kerak)
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Aghry

Postingan ini dilindungi Hak Cipta, Sertakan sumber jika ingin mengambil rujukan pada tulisan ini. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

3 comments:

Try Nur Hidayati said...

keren (y)

Aghry said...

Terima kasih, Kunjungi juga post lainnya untuk mendapatkan materi biologi lainnya. Share juga agar teman-teman yg lain tahu ^_^

Anonymous said...

Terima kasih infonya. Tapi gambar2nya ga muncul gan

Post a Comment

Berilah Komentar dengan kritik dan saran anda untuk perbaikan blog ini. Berikan pula kesan anda dalam blog ini agar kami semangat. Jika anda suka, bagikan ke teman-teman anda agar mereka dapat merasakan.
NO SPAM AND SARA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...