Tempat Referensi Tugas Ilmiah, dilengkapi software pendukung kinerja anda. Nikmati juga Karya sastra
penyejuk jiwa dan kumpulan game yg akan menghibur
anda. All in One
Saturday, August 31, 2013

Translasi Bakteri

Translasi adalah proses penerjemahan kode genetik oleh tRNA ke dalam urutan asam amino.
Translasi menjadi tiga tahap (sama seperti pada transkripsi) yaitu inisiasi, elongasi, dan terminasi. Semua tahapan ini memerlukan faktor-faktor protein yang membantu mRNA, tRNA, dan ribosom selama proses translasi. Inisiasi dan elongasi rantai polipeptida juga membutuhkan sejumlah energi. Energi ini disediakan oleh GTP (guanosin triphosphat), suatu molekul yang mirip dengan ATP
 1. Inisiasi
Tahap inisiasi terjadi karena adanya tiga komponen yaitu mRNA, sebuah tRNA yang memuat asam amino pertama dari polipeptida, dan dua sub unit ribosom.
2. Elongasi

Pada tahap elongasi dari translasi, asam amino-asam amino ditambahkan satu per satu pada asam amino pertama (metionin). Ribosom terus bergeser agar mRNA lebih masuk, guna membaca kodon II. Misalnya kodon II UCA, yang segera diterjemahkan oleh tRNA berarti kodon AGU sambil membawa
Rekombinasi Genetik
Ada tiga macam dasar transfer DNA satu sel bakteri dewasa yang idependen kesel lainya , pada umumnya dikenal sebagai tranfer gen horisontal, yang menghasilkan suatu organisme rekombinan dengan satu atau lebih fenotip baru.
Transformasi
Transformasi adalah pemindahan sedikit materi genetik, bahkan satu gen saja dari satu sel bakteri ke sel bakteri yang lainnya
Konjugasi
Konjugasi adalah pemindahan materi genetik berupa plasmid secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan diantara dua sel bakteri yang berdekatan.Umumnya terjadi pada bakteri gram negatif.
Trasnduksi
Transduksi adalah pemindahan materi genetik satu sel bakteri ke sel bakteri lainnnya dengan perantaraan organisme yang lain yaitu bakteriofage (virus bakteri).
Regulasi aktivitas gen bakteri
Aktivitas semua gen harus dalam satu atau beberapa cara demi penggunaan energi sel secara efisien . Mekanisme regulasi atas ekspresi gen tersebut bisa bekerja pada satau atau beberapa tingkatan.
Kontror negatif yang bisa diinduksi
Prototipe kontrol negatif berupa operon yang bisa diinduksi dalah operon laktosa E.Coli
Kontror negatif yang bisa Represi
Sebuah contoh operon yang bisadirepresi dibawah kontrol negatifditemukan pada sistem triptofan
Kontrol positif yang bisa diinduksi
 Sebuah contoh dari mekanisme regulatoris positif yang bisa diinduksi ditemukan pada operon arabinosa pada E.coli.


baca juga TRANSLASI PADA EUKARIOT DAN PROKARIOT dan SINTESIS PROTEIN PADA EUKARIOT DAN PROKARIOT
Judul: Translasi Bakteri
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Aghry

Postingan ini dilindungi Hak Cipta, Sertakan sumber jika ingin mengambil rujukan pada tulisan ini. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

1 comments:

Unknown said...

Kunbal Sukser http://dzertmaru.blogspot.com/

Post a Comment

Berilah Komentar dengan kritik dan saran anda untuk perbaikan blog ini. Berikan pula kesan anda dalam blog ini agar kami semangat. Jika anda suka, bagikan ke teman-teman anda agar mereka dapat merasakan.
NO SPAM AND SARA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...