1. Peserta didik dapat
menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-komponennya.
2. Peserta Didik dapat
melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan
abiotik.
3. Peserta Didik memiliki
keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil
eksplorasi.
|
1. 3.7 Menganalisis interaksi
antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat
interaksi tersebut.
2. 4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk
hidup dengan lingkungan sekitarnya.
|
”Telah nampak kerusakan di
darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan (maksiat)[1] manusia,
supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka,
agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS Ar Ruum:41).”
|
1. Discovery Learning
2. Jigsaw
3. Peer Discussion
4. Student presentation
|
Duration: 2 periods (90 minutes)
1. Opening:
(10 minutes) : Teachers Activity
·
Membuka pembelajaran dengan berdoa
·
Diskusi ayat Qur’an dan sunnah yang berkaitan dengan materi
·
Menjelaskan topic terkini terkait materi yang akan dipelajari dan
kaitannya dengan materi sebelumnya
·
Pre-test siswa
2. Main Activity: Student activity (70 minutes)
a.
Stimulation
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Pengantar tentang Komponen lingkungan.
b.
Problem statemen
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan Komponen lingkungan, untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis.
c.
Data collection
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan Mengamati materi organ pernapasan dan fungsinya dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
d.
Data processing
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :Berdiskusi tentang data dari
Materi Komponen lingkungan.
e.
Verification
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber.
f.
Generalization
Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi Komponen lingkungan. (Communicating)
guru membantu siswa yang kesulitan belajar lalu
melakukan post test
3. Reflection & Closing (10 minutes)
·
Apresiasi siswa dengan adab terbaik
·
Siswa mengidentifikasi point-point pembelajaran
·
Menutup dengan hamdalah dan kafaratul
majlis
|
Duration: 1 periods (45 minutes)
1. Opening:
(10 minutes) : Teachers Activity
·
Membuka pembelajaran dengan berdoa
·
Diskusi ayat Qur’an dan sunnah yang berkaitan dengan materi
·
Menjelaskan topic terkini terkait materi yang akan dipelajari dan
kaitannya dengan materi sebelumnya
·
Pre-test siswa
2. Main Activity: Student activity (30 minutes)
a.
Stimulation
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Pengantar tentang Komponen lingkungan.
b.
Problem statemen
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan Komponen lingkungan, untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis.
c.
Data collection
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Mengamati
materi organ pernapasan dan fungsinya dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
d.
Data processing
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara :Berdiskusi tentang data dari
Materi Komponen lingkungan.
Masing-masing kelompok mengutus satu duta ke
kelompok lainnya untuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya. (JIGSAW)
e.
Verification
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber.
f.
Generalization
Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi Komponen lingkungan. (Communicating)
guru membantu siswa yang kesulitan belajar lalu
melakukan post test
4. Reflection & Closing (5 minutes)
·
Apresiasi siswa dengan adab terbaik
·
Siswa mengidentifikasi point-point pembelajaran
·
Menutup dengan hamdalah dan kafaratul
majlis
|
a. Penggaris, spidol, papan
tulis
b. Laptop & infocus
c.
Slide presentasi (ppt)
|
a.
Al Quran
b.
Biologi 2, Erlangga
c.
Buku lain yang menunjang
d.
Multimedia interaktif dan Internet
|
0 comments:
Post a Comment
Berilah Komentar dengan kritik dan saran anda untuk perbaikan blog ini. Berikan pula kesan anda dalam blog ini agar kami semangat. Jika anda suka, bagikan ke teman-teman anda agar mereka dapat merasakan.
NO SPAM AND SARA