Tempat Referensi Tugas Ilmiah, dilengkapi software pendukung kinerja anda. Nikmati juga Karya sastra
penyejuk jiwa dan kumpulan game yg akan menghibur
anda. All in One
Sunday, April 19, 2020

RPP (KD 3.7) 1 LEMBAR KELAS 7 KURTILAS REVISI



Subject: Biology
Grade: 7
Teacher: Aghry Wiranata Anugrah, S.Pd
Semester: 2
Week : 1
Period: 3 sessions @45 minutes
Topic: Interaction between living thing and environment
Subtopic: Komponen lingkungan
A. Objectives
B. Basic Competence
1.     Peserta didik dapat menjelaskan konsep lingkungan dan komponen-komponennya.
2.     Peserta Didik dapat melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik.
3.     Peserta Didik memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil eksplorasi.


1.     3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.
2.     4.7           Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
C. Indicator
1.     Menjelaskan konsep lingkungan dan konsep-konsepnya.

D. Dalil Al Quran and Hadith
E. Learning Methods
”Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan (maksiat)[1] manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS Ar Ruum:41).”
1.     Discovery Learning
2.     Jigsaw
3.     Peer Discussion
4.     Student presentation
F. Teaching Learning Procedures
Duration: 2 periods (90 minutes)
1.     Opening: (10 minutes) : Teachers Activity
·     Membuka pembelajaran dengan berdoa
·     Diskusi ayat Qur’an dan sunnah yang berkaitan dengan materi
·     Menjelaskan topic terkini terkait materi yang akan dipelajari dan kaitannya dengan materi sebelumnya
·     Pre-test siswa
2.     Main Activity: Student activity (70 minutes)
a.     Stimulation
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengantar tentang Komponen lingkungan.
b.     Problem statemen
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan Komponen lingkungan, untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis.
c.     Data collection
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Mengamati materi organ pernapasan dan fungsinya dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
d.     Data processing
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :Berdiskusi tentang data dari Materi Komponen lingkungan.
e.     Verification
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber.
f.      Generalization
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi Komponen lingkungan. (Communicating)
guru membantu siswa yang kesulitan belajar lalu melakukan post test
3.    Reflection & Closing (10 minutes)
·          Apresiasi siswa dengan adab terbaik
·          Siswa mengidentifikasi point-point pembelajaran
·          Menutup dengan hamdalah dan kafaratul majlis






Duration: 1 periods (45 minutes)
1.     Opening: (10 minutes) : Teachers Activity
·     Membuka pembelajaran dengan berdoa
·     Diskusi ayat Qur’an dan sunnah yang berkaitan dengan materi
·     Menjelaskan topic terkini terkait materi yang akan dipelajari dan kaitannya dengan materi sebelumnya
·     Pre-test siswa
2.     Main Activity: Student activity (30 minutes)
a.     Stimulation
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengantar tentang Komponen lingkungan.
b.     Problem statemen
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan Komponen lingkungan, untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis.
c.     Data collection
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Mengamati materi organ pernapasan dan fungsinya dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
d.     Data processing
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :Berdiskusi tentang data dari Materi Komponen lingkungan.

Masing-masing kelompok mengutus satu duta ke kelompok lainnya untuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya. (JIGSAW)
e.     Verification
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber.
f.      Generalization
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi Komponen lingkungan. (Communicating)
guru membantu siswa yang kesulitan belajar lalu melakukan post test
4.    Reflection & Closing (5 minutes)
·          Apresiasi siswa dengan adab terbaik
·          Siswa mengidentifikasi point-point pembelajaran
·          Menutup dengan hamdalah dan kafaratul majlis


G. Teaching Aids
H. Resources
a.     Penggaris, spidol, papan tulis
b.     Laptop & infocus
c.        Slide presentasi (ppt)
a.        Al Quran
b.        Biologi 2, Erlangga
c.        Buku lain yang menunjang
d.        Multimedia interaktif dan Internet
Judul: RPP (KD 3.7) 1 LEMBAR KELAS 7 KURTILAS REVISI
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Aghry

Postingan ini dilindungi Hak Cipta, Sertakan sumber jika ingin mengambil rujukan pada tulisan ini. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

0 comments:

Post a Comment

Berilah Komentar dengan kritik dan saran anda untuk perbaikan blog ini. Berikan pula kesan anda dalam blog ini agar kami semangat. Jika anda suka, bagikan ke teman-teman anda agar mereka dapat merasakan.
NO SPAM AND SARA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...