Tempat Referensi Tugas Ilmiah, dilengkapi software pendukung kinerja anda. Nikmati juga Karya sastra
penyejuk jiwa dan kumpulan game yg akan menghibur
anda. All in One
Sunday, October 21, 2012

Cerpen, Semut Dan Kadal


Semut dan Kadal

          Matahari baru saja menunjukan dirinya setelah hujan deras mengguyur bumi. Dengan gagah ia berdiri tegak depan khalayak makhluk Allah yang ada di bumi. Sinarnya menyebar keseluruh penjuru membawa rahmat dari tuhannya, rahmat yang telah menghidupi para makhluk bumi sejak awal diciptakannya. Tanpa kenal lelah setiap hari ia melakukannya demi menghidupi para makhluk walaupun ia harus tersiksa karena membakar dirinya setiap saat. Namun cintanya pada tuhannya membuat ia rela menderita demi orang lain hanya untuk melaksanakan titah tuhannya.
           Matahari itu pula yang telah membangunkan seekor semut dari tidurnya. Setelah menghilangkan rasa malasnya ia berangkat mencari rezeki yang telah disebarkan di bumi ini oleh tuhannya. Sialnya air hujan yang baru turun telah membawa banyak makanan semut ke dalam sungai. Sekuat tenaga semut itu  mencari makanan tetapi tetap saja hasilnya nihil. Namun semut itu tak kenal lelah, ia terus mencari karena ia yakin bahwa Allah sedang melihatnya. Dan Allah takkan pernah mendzalimi makhluknya. Rezeki setiap makhluk telah tertulis di lauhil mahfudz. Hanya tinggal bagaimana para makhluk berusaha tuk mendapatkannya.
Usahanya tak sia –sia, sepotong kue manis ditemukannya dari balik dedaunan. Kue ini pasti telah dibuang oleh seorang manusia yang tak mensyukuri nikmat Allah pikirnya. Sudah diberi rezeki kok malah di mubaziri kan begini.
         Tanpa berfikir panjang semut itu segera mengangkat sepotong kue itu ke sarangnya. Baginya sepotong kue itu baru akan habis esok hari jika dimakan keluarganya. Namun tiba – tiba, bagai kilat seekor kadal merampok kue milik semut. Kadal itu kemudian berlari dengan sangat kencang hingga tak terlihat lagi oleh semut.
          Semut itu lekas mengejarnya dengan cepat dan berharap akan ada yang menolongnya karena tak mungkin kecepatannya dapat melebihi kecepatan kadal tersebut. Harapan itu pun terwujud, seekor capung mendekatinya dan berkata; “ ayo kawan naik kepunggungku, kecepatan terbangku akan menandingi kekilatan kadal tersebut, lari lambatmu itu takkan bisa mengejarnya”. “baiklah terima kasih”. Jawab semut.
          Tanpa basa – basi capung segera melesat terbang jauh mengejar kadal tersebut. Tanpa menunggu lama, dalam waktu singkat capung itu telah berhasil mengejar kadal tersebut. Namun kadal itu ditemukan dalam keadaan yang sangat mengenaskan. Badanya tipis karena isi tubuhnya terurai keluar semua. Kepalanya masih utuh dengan sepotong kue masih terselip di mulutnya. Mungkin seekor kadal yang sedang tergesa – gesa kabur dari semut lengah hingga tak menyadari ada seorang manusia yang sedang mengebut dengan sepedanya. Setelah mengambil harta miliknya semut itu berterima kasih kepada capung dan segera pergi meninggalkan mayat kadal yang telah dikerumuni sekelompok belatung pemakan bangkai.
          Dari kisah ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa kita hidup untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Bukan malah merugikan orang lain. Kita terlahir ke dunia ini dalam keadaan menangis dan orang – orang di sekeliling kita tertawa bahagia. Maka dengan memberikan manfaat kepada orang lain niscaya mereka akan menangis sedih saat kita pergi meninggalkan mereka sedangkan kita tertawa bahagia di surga. Bukan malah kita yang menangis kembali di neraka dan orang – orang berbahagia karena orang yang hanya merugikan mereka telah tiada.
          Hidup untuk menjadi orang yang bermanfaat bukan menjadi orang sukses. Karena orang bermanfaat pasti akan sukses sedangkan orang sukses belum tentu bermanfaat. Terus berkorban demi orang lain bagai lilin yang terus menyinari walau dirinya sendiri habis terbakar atau seperti matahari yang selalu ikhlas membakar dirinya demi kehidupan makhluk Allah.
      Sekian,

INKOPAT,                            
Sabtu, 11 November 2010
Karya
Aghry Wiranata A
Judul: Cerpen, Semut Dan Kadal
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Aghry

Postingan ini dilindungi Hak Cipta, Sertakan sumber jika ingin mengambil rujukan pada tulisan ini. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

0 comments:

Post a Comment

Berilah Komentar dengan kritik dan saran anda untuk perbaikan blog ini. Berikan pula kesan anda dalam blog ini agar kami semangat. Jika anda suka, bagikan ke teman-teman anda agar mereka dapat merasakan.
NO SPAM AND SARA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...